Deretan Destinasi Wisata di Kabupaten Pacitan Terpopuler

1. PANTAI TAMAN


foto:@nur_wibowo47
Sebuah pantai yang berbentuk teluk panjang berada disebelah timur kabupaten Pacitan.Wahana kolam renang menjadi incaran anak-anak untuk bermain air. Pantai Taman memiliki keindahan tersendiri yaitu terdapatnya konservasi penyu belimbing (penyu langka). Selain itu juga dikembangkan area flying fox sepanjang 410 M, yang merupakan flying fox terpanjang dan tertinggi di Indonesia. Pantai taman terletak di timur kota Pacitan, tepatnya di Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo.

2. PANTAI SOGE


foto:@muhfauzy

Pantai yang indah ini bisa kita nikmati saat kita melintasi JLS (Jalur Lintas Selatan), karena terletak tepat di tepi jalan.Disini kita akan disuguhkan keindahan pantai dengan deburan ombak yang besar.Wahana perahu wisata dea perahu pedal menjadi sasaran bermain dengan keluarga yang mengasikan. Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo sekitar 30 KM dari pusat kota Pacitan.

3. PANTAI PIDAKAN

foto:@tututeka27

Pantai Pidakan memiliki pasir batu berbentuk bulat dan halus.Pasir batu ini menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan.Wisatawan bisa menggunakan batu-batu ini untuk refleksi kesehatan dengan cara berjalan di atas batu yang tersebar di tepi pantai.Dengan angin sepoi-sepoi menjadi penghilang kepenatan dalam mengisi liburan.Secara administratif pantai ini terletak di Desa jetak Kecamatan Tulakan.


4. PANTAI  DANGKAL




Masih di gugusan pesisir sebelah timur Kota Pacitan, Pantai Dangkal berada di Desa Wora-wari Kec. Kebonagung.Muara dari Sungai Dangkal,menjadikan Pantai Dangkal menjadi sangat indah, disamping itu karena merupakan pantai yang masih alami.Tidak hanya suasana sejuk Pantai Dangkal menambah wisatawan yang datang dan mengagumi pantai yang tergolong baru ini.Jadi,keunikan Pantai Dangkal ini menarik para turis untuk datang mengunjungi.

5. PANTAI WAWARAN

foto:@yudi_triwiyoko

Pantai yang menjadi pusat persinggahan kapal nelayan pribumi ini juga memiliki keindahan yang luar biasa.Pantai yang berbentuk teluk dengan dikelilingi bukit-bukit yang indah menjadi pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi.Selain itu kita dapat berbelanja ikan dari tangkapan para nelayan. Pantai Wawaran terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung 17 KM dari Alun-alun Pacitan.

6. PANTAI KALIULUH
Desa Klesem
Kec.Kebonagung 17 km dari pusat kota
Pantai yang masih sangat alami ini menjadi potensi terpendam yang diiliki Pacitan.Keindahan pantai ini menjadi incaran para wisatawan mancanegara. Pantai ini memiliki ombak besar dan dijadikan sebagai wahana surfing oleh banyak wisatawan. Medan yang menantang cocok bagi wisatawan yang suka berpetualang.

7. PANTAI PANGASAN
Desa Kalipelus
Kec.Kebonagung
Pantai yang tergolong masih alami ini merupakan surganya pantai di pacitan yang belum banyak di expose.Keindahan yang begitu mempesona ini ditunjukan oleh berbagai karang dan deburan ombak di pantai ini.Disebut oleh para wisatawan  terdapat landmark yaitu sebuah gunung kecil yang menjorok ke laut juga dinamakan gunung Lanang oleh masyarakat sekitar menambah keindahan pantai Pengasan.Wisatawan banyak yang menjadikan pantai ini sebagai studio foto alam untuk prewedding maupun foto model.

8. PANTAI PANCER DORR
Kelurahan Ploso
Kec.Pacitan 3 km dari pusat kota
Pantai Pancer Dorr merupakan salah satu destiansi pariwisata unik dan indah di Pacitan.Dengan kondisi alam yang masih alami dan merupakan muara dari sungai Grindulu, Pancer Dorr menyuguhkan suasana yang sejuk,nyaman,indah dan menawan.Bagi wisatawan yang hobi olahraga surfing, disinilah tempatnya mendapatkan ombak yang bagus untuk surfing.Banyak wisatawan asing menjadikan Pantai Pancer Dorr  sebagai tempat favorit dalam bermain surfing.

9. PANTAI TELENGRIA
Desa Sidoharjo
Kec.Pacitan 3 km dari pusat kota
Merupakan pantai terdekat dari kota Pacitan.Berjarak 3km dari pusat kota Pacitan,berbagai fasilitas yang mendukung bisa kita dapatkan di pantai ini seperti, kolam renang anak-anak,area surfing pemula,area bermain anak-anak, gardu pandang,panggung songgo budayo,dan area bumi perkemahan.Selain itu Pantai Teleng Ria juga digunakan untuk pendaratan ikan sehingga pengunjung bisa membeli ikan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

10. PANTAI SRAU
Desa Candi
Kec.Pringkuku 22 km dari pusat kota
Sebuah oantai yang memiliki pasir putih yang memiliki ciri khas tersendiri, dengan penduduk yang ramah serta alamnya yang indah dan sejuk menambah eksotisnya pantai Srau.Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pantai ini dari beberapa spot yang dimiliki.Pantai Srau dikenal banyak orang sebagai area pancing samudra dan aren surfing.

11. PANTAI KASAP
Desa Watukarung
Kec.Pringkuku 25 km dari pusat kota
Pantai Kasap ini memang obyek wisata Pantai yang masih sangat alami.Berada di Desa Watukarung ,Kecamatan Pringkuku,berdekatan dengan dengan Pantai Kasap ada beberapa destiansi, yakni pantai Watukarung,pantai Bresah,sungai cokel dan pantai Sruni.Pantai yang berada di pesisir pantai yang berada disebelah persis pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas di pantai selatan yakni karang,pasir putih,ombak yang deras.

12. PANTAI WATUKARUNG
Desa Watukarung
Kec.Pringkuku 25 km dari pusat kota
Watukarung menjadi surganya para surfer. Ombak yang mencapai 7 kaki ini menjadi salah satu andalan para surfer untuk menguji kemampuannya dalam bersurfing. Disamping itu keindahan batu karang yang sangat menakjubkan serta sunset yang membuat siluet pada batu-batu karang menjadikan spot keindahan alam yang luar biasa. Andalan dari pantai ini yaitu siluet batu karang yang bembentuk wajah seorang putri yang kemudian dinamakan Putri Samudra. Pantai watukarung ini juga menjadi resortnya para wisatawan asing.

13. PANTAI KLAYAR     
 Desa Sendang   
Kec. Donorojo 32 km dari pusat kota
Pantai Klayar sebagai Deatinasi Unggulan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pacitan. Pernah meraih penghargaan dari Kementrian Pariwisata sebagai The Most Exiting a Word. Selain Keindahan Alam disini juga disewakan motor ATV sebagai daya tarik para wisatawan untuk bermain bersama kerabat dan keluarga.

14. PANTAI NGIRBOYO
Desa Sendang
Kec.Donorojo 33Km dari pusat kota
Daya tarik pantai ini adalah pasir hitamnya yang mendominasi sebagian besar pantai.Ketika terpapar sinar matahari pasir hitam tersebut nampak berkilauan jadi tidak berlebihan jika pantai ini diibaratkan sebagai mutiara hitam.Pantai ngiboyo saat ini juga di kembangkan sebagai kawasan kanservasi penyu.disana wisatawan juga bisa bersantai di suasana pantai gasebo yang sederhana.

15. PANTAI BANYUTIBO
Desa widoro
Kec.Donorojo 33Km dari pusat kota
Banyu tibo merupakan arti dari kata air jatuh.Dipantai ini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke tepi pantai dengan air yang sangat bersih dan jernih.Fenomena alam ini menjadi keunikan dari pantai ini,sehingga banyak di minati oleh wisatawan luar daerahuntuk melihat keindahannya.Disini kita bisa bermain air dengan di pandu oleh pemandu wisata yang ada.

16. PANTAI BUYUTAN
Desa Widoro
31 Km dari pusat kota
Pantai buyutan memiliki keindahan yang mengagumkan Pantai ini berada di bawah tebing sehingga harus turun melalui tangga untuk sampai di pesisir pantainya.Pasir putih yang terdapat di pantai buyutan serta ornamen karang yang ada menjadikan pantai ini memiliki potensi yang besar untuk di kunjungi,ada karang yang menjulang keatas dan ada yang berbentuk seperti meja.

17. KALI COKEL
Desa Watukarung
Kec.Pringkuku 25 Km dari pusat kota
Kali cokel merupakan sebuah sungai yang bermuara di pantai watukarung,dengan kondisi masih alami di warnai tumbuhansungai yang menambah keindahan kali cokel.Sungai yang berkelok-kelok menberi kesan dan sensasi lebih beda dari sungai yang lainnya.wisatawan dapat menikmati keindahansungai ini dengan berbagai wahana yang unuk dan menantag.tersedia atraksi susur sungai dan padlle boards.

18. SUNGAI MAROON
Desa Dersono
Kec.Pringkuku 35 Km dari pusat kota
Banyak para wisatawan menyebutnya sebagai sungai amazonnya pacitan.sungai ini di jadikan sebagai wahana pariwisata menyusuri sungai 4 km yang bermuara di pantai ngirboyo,Para wisatawan akan di suguhkan panorama yang masih alami dan indah disepanjang tepi sungai.Dengan air yang masih jernih,udara yang sejuk serta pepohonan purba banyak di jumpai di sungai ini.

19. GOA GONG
Desa Bomo
Kec.Punung km dari pusat kota
Goa dengan stalakit dan stalakmitnya yang dinominasikan sebagai goa terindah di asia tenggara ini mampu memukau setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara.Goa gong memiliki empat sendang yang di nilai magis bagi siapa saja yang mempercayainya.Goa gong menjadi tujuan wiasta yang sangat menarik untuk lebih mengenal ciptaan tuhan yang berada di dalam perut bumi.

20. GOA TABUHAN
Desa Wareng
Kec.Punung 22 km dari pusat kota
Dinamika goa tabuhan karena stalaktitdan stalakmitnya yang dapat ditabuh berbunyi layaknya gamelan.Biasanya di tabuh dengan di iringi oleh sinden atau waranggono.Karena keunikan goa ini sangat luas.Hingga saat ini masih sangat di minati wisatawan maupun seniman untuk ajang pentas seni.Terletak di desa wareng,kecamatan punung denagan jarak 40 km dari pusat kota pacitan.

21. GOA KALAK
Desa Sendang
Kec.Donorojo 25 km dari pusat kota
Satu lagi goa yang merupakan sekian dari goa yang ada di pacitan,goa kalak yang tidak kalahfenomenolnya dibanding goa yang lain,yang dihiasi stalaktit dan stalakmit yang indah.Goa kalak ini konon menjadi tempat bertapanya raja –raja besar di pulau jawa,termasuk Bpk.Soeharto pernah bersemedi di goa ini.Untuk bisa mengunjungi goa kalak ini di perlukan ijin dari kepala desa dan harus di dampingi pemandu(juru kunci)yang di percaya merawat goa kalak.


22. LUWENG OMBO
Desa Kalak
Kec.Donorojo 30 km dari pusat kota
Fenomena keindahan dan keunikan alam pacitan salah satunya yaitu Luweng Ombo.Goa yang berbentuk vertical ini merupakan keanekaragaman kekayaan wisata alam pacitan,dengan kedalaman +-104 m dan diameter Luweng +-50m.Luweng Ombo termasuk kategori tempat wisata minat khusus .untuk bisa melihat indahnya Luweng Ombo ini di perlukan pemandu dengan peralatan khusus dan stamina ekstra.

23. LUWENG JARAN
Desa Kalak
Kec.Donorojo 30 km dari pusat kota
Keindahan yang terdapat di dalam perut bumi yang menyimpan berbagai macam fenomena kehidupan didalamnya,stalaktit dan stalakmit yang berbentuk menjadi satu keindahan luar biasa yang dimiliki goa luweng jaran.Goa berbentuk horizontal dan vertical merupakan keanekaragaman objek wisata di pacitan.untuk bisa melihat indahnya liweng jaran ini diperlukan pemandu dengan peralatan khusus dan stamina yang ektra.

24. MONUMEN JENDRAL SUDIRMAN
Desa Pakis Baru
Kec.Nawangan 44 km dari pusat kota
Berada di atas bukit dengan ketinggian lebih dari 10000 kaki dari permukan air laut,menjulang tinggi patung panglima besar jendral sudirman.monument ini di dirikan untuk mengenang jasa-jasanya dalam perang gerilya.Disini kita masih bisa melihat rumah yang dulunya di pakai sebagai markas.Di monument ini terdapat diorama yang mengisahkan perjalanan perang gerilya panglima besar jendral sudirman.Cocok di jadikan wisata edukasi mengenag jasa-jasa para pahlawan dalam membela negara dan bangsa.

25. PEMANDIAN AIR HANGAT
Desa Karangrejo
Kec.Arjosari 15 dari pusat kota
“Banyu Anget”atau pemandian air panas menyimpan berbagai khasiat dan manfaat,utamanya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.Fasilitas yang mendukung diantaranya;kolam renang air panas,tempat berendam,dan tempat cuci kaki.Lokasi terletak 15 km dari pusat kota pacitan tepatnya terletak di kecamatan arjosari.suasana sejuk menambah nyaman bagi pengunjung.

26. SENTONO GENTONG
Desa Dadapan
Kec.Pringkuku 10 km dari pusat kota
Sentono gentong merupakan objek wisata di antarayang berada di perbukitan.Dari puncak bukit,wisatawan dapat menikmati keindahankota pacitan dan birunya teluk pacitan.Atraksi wisata yang mearik dari bukit ini adalah pad periode tertentu diadakan kompetisi paralayang yangwisatawan bisa ikut terbang sebagai tandem.Amenitas alin yang tersedia dibukit ini adalah wisatawan bisa bersantai dan beristirahat di beberapa gazebo yang di sediakan.Sentono Gentong juga merupakan tempat wisata religi,konon  dibukit sentono gentong ini di tanam pathok/tumbal pulau jawa oleh syekh subakir yang petilasannya hingga saat ini masih ada dan banyang di kunjungi wisatawan.

27. ETALASE GEOPARK
DESA Ploso
Kec.Pacitan 3 km dari pusat kota 
Pacitan merupakan bagian gugusan dari pegunungan seribu yang terbentang dari kabupaten gunung kidul jogyakarta,kabupaten Wonogiri jateng dan kabupaten pacitan jatim.Pegunungan seribu dinobatkan  menjadi kawasan KARS dunia dan disebut dengan GEOPARK GUNUNG SEWU.Geopark gunung sewu geo area pacitan terdiri dari 13  geosite dan wisatawan dapat melihat semua itu  di etalase geopark .Disiniwisatawan akan mengetahui apa yang di sebut dengan geoparkdan dimana saja 13 geosite geo area pacitan yang menjadi bagian dari geopark gunung sewu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

wa