Pantai Klayar Pacitan, Fasilitas, Tiket Masuk dan Lokasi

Pantai Klayar

pemandangan pantai klayar

Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo di utara, Kabupaten Trenggalek di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) di barat.Selain wilayahnya yang berbatasan dengan tiga kabupaten lainnya Pacitan juga berbatasan langsung dengan samudra hindia sebelah selatan, maka tak heran jika kota Pacitan memiliki destinasi wisata berupa pantai salah satunnya yaitu Pantai Klayar.

Pantai Klayar merupakan salah satu destinasi wisata Pantai di Pacitan yang cukup Populer. Pantai ini  memiliki karateristik  pasir putih nan kecoklatan yang sangat lembut dan bersih. Keindahan panorama alamnya membuat Pantai Klayar terkenal baik Nasional maupun Mancanegara. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, batu karang raksasa laksana Sphinx serta air mancur yang keluar dari celah-celah bebatuan  dan menghasilkan suara seperti seruling (seruling samudra).

Sejarah

Sejarah singkat Pantai Klayar  Pacitan yaitu konon pada jaman dahulu terdapat sebuah kapal terdampar disni akibat terjangan ombak besar, dalam bahasa jawa istilah ini di sebut mbalayar, oleh karena itu di sebut Klayar. Namun ada juga yang mengatakan pantai ini dinamakan Klayar dari kata klayar kluyur yang berarti jalan-jalan. Di pantai klayar ini terdapat fenomena unik, yaitu adanya semburan air laut yang melewati celah bebatuan karang fenomena ini disebut dengan seruling samudra karena mengeluarkan bunyi siulan seperti seruling.

Rute Menuju Pantai Klayar

Secara Administratif lokasi Pantai Klayar Pacitan terletak di Desa kalak, Kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan Jawa Timur.Dari pusat kota Pacitan, pantai Klayar dapat di tempuh dengan jarak perjalanan kurang lebih sejauh 45 KM.Untuk rute jalan menuju Pantai Klayar jika Anda dari arah solo maupun Yogyakarta tepatnya sebelum POM bensin atau masjid besar Punung silahkan Anda ambil jalur kanan (lihat papan penunjuk) sama halnya jika Anda dari arah Kota Pacitan setelah sampai di Pasar punung silahkan jalan terus sampai menemukan pertigaan besar dan ambil jalur kiri. Dari pertigaan tersebut silahkan Anda jalan terus melewati jalan utama yang sudah ada papan penunjuk arah hingga sampai di lokasi pantai klayar.

Setibanya Anda di pantai ini, langsung di sambut dengan hamparan pasir putih yang bersih dan pepohonan kelapa di pinggir laut serta air laut biru yang jernih. Bermain air dan pasir  di pantai memang cukup menyenangkan terutama bagi anak-anak, namun hal yang perlu Anda waspadai yaitu gelombang laut. Gelombang  laut bisa datang secara tiba-tiba sehingga Anda di harapkan selalu waspada dan jangan melanggar atau melintasi jalur pembatas yang di pasang  oleh pengelola pantai,  jika di langgar  hal ini akan sangat membahayakan diri Anda.

Seiring dengan meningkatnya PAD dari sektor Pariwisata, Pemerintah kabupaten Pacitan pun kini terus berbenah. Salah satunya yaitu infrastruktur jalan menuju lokasi wisata Pantai Klayar. Jalan menuju ke Pantai Klayar kini sudah bisa di lalui kendaraan roda enam (bus), sehingga Anda tidak harus transit lagi saat membawa rombongan banyak. 

Tiket Masuk Wisata Pantai Klayar

Untuk harga tiket masuk ke wisata pantai Klayar anak-anak 10 ribu dan untuk orang dewasa 15 ribu rupiah. Anak-anak adalah di bawah umur 6 tahun ke bawah.

Akomodasi Wisata

Sebagai obyek wisata yang cukup populer di Pacitan tentunya akomodasi di kawasan Pantai sangat di perlukan. Salah satu akomodasi yang sering di cari wisatawan saat berkunjung ke Pantai Klayar yaitu penginapan. Penginapan memang sangat di butuhkan bagi mereka yang datang dari luar kota dan menginginkan bermalam di kawasan pantai. Homestay di Pantai Klayar bisa menjadi salah satu pilihan alternatif untuk bermalam di kawasan pantai. Untuk harga homestay di Pantai Klayar sendiri cukup berfariasi  tergantung dengan fasilitas yang di berikan.

Objek Wisata di Pantai Klayar

Batu Karang laksana Spinx (Icon Pantai )

Fenoma Alam yang terjadi di Pantai Klayar berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx yaitu Patung Singa dengan Kepala Manusia yang ada di Mesir. Itulah mengapa tebing tersebut juga di namakan Batu Sphinx.

Seruling Samudra

Fenomena unik di balik tebing ini yaitu Seruling Samudra. Terdapat sebuah lubang kecil yang dapat menyemburkan air cukup tinggi, fenomena ini pun sesekali mengeluarkan bunyi seperti seruling. Waktu yang tepat untuk melihat seruling samudra ini adalah ketika air laut mulai pasang, yakni pada pukul 09.00 pagi dan jam 16.00 sore. Pada saat itu air akan menyembur keluar melalui lubang kecil ketika ombak-ombak memasuki celah celah kecil di batu karang Semburannya menjulang tinggi. Ketika ombak sedang pasang, air laut yang keluar dari lubang ini bisa mencapai ketinggian 15 meter dan sudah pasti jika ombak sedang besar pengunjung di larang memasuki ke area ini karena sangat berbahaya, sehingga Anda hanya dapat menyaksikan fenomena menakjupkan dari kejahuan.

Spot Foto

spot foto

Ada yang baru di kawasan Pantai Klayar Pacitan di tahun ini 2019 yaitu adanya Taman dan Spot Foto yang  instagramable yang bisa Anda nikmati saaqt berkunjung ke Pantai Klayar.

Fasilitas Pantai Klayar

Di pantai klayar juga sudah tersedia fasilitas umum yang memadai seperti toilet, lahan parkir yang luas, mushola, ojek, pasar kerajinan dan kendaraan ATV, untuk menyewa atv cukup  membayar tiket 50.000 untuk 2 orang, bisa jadi  pelengkap untuk menimati perjalanan di pantai klayar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

wa